Indikator Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Indikator Kemampuan Berpikir Kritis Matematis – Kemampuan berpikir kritis matematis merupakan proses mengetahui tentang pengetahuan, menalar dan membuktikan secara matematis dapat memecahkan suatu masalah khususnya dalam pembelajaran matematika. Berpikir kritis siswa di SMA Ma’arif NU Pandaan kurang baik, hal ini terlihat karena beberapa siswa mengalami kendala ketika soal yang diajukan pada tingkat sulit. contoh pertanyaan. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kritis pemecahan masalah matematis siswa SMA Ma’arif NU Pandaan Kabupaten Pasuruan. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Penelitian ini dilakukan di SMA Ma’arif NU Pandaan pada semester I tahun ajaran 2017/2018. Subyek penelitian ini adalah siswa Kelas X MIPA 1 yang berjumlah 35 orang. Dari kelas tersebut dipilih 6 subjek setiap tingkat kemampuan berpikir kritis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah eksperimen dan wawancara. Data dibuat berdasarkan hasil tes dan wawancara berdasarkan indikator psikologi utama yang digunakan yaitu: deskripsi, analisis, perencanaan serta metode dan hasil. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang berpikir kritis rendah dapat mencapai 1 sampai 2 indikator berpikir kritis. Saat ini siswa dengan kemampuan berpikir kritis dapat mencakup 3 indikator berpikir kritis dan siswa dengan kemampuan berpikir kritis tinggi dapat mencakup seluruh indikator berpikir kritis. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa 68,57% siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis rendah, 17,14% siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis rendah, dan 14,29% siswa mempunyai kemampuan berpikir kritis tinggi.
Mars, Diana. (2015). Meningkatkan kemampuan berpikir kritis matematis siswa dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif berbantuan TEAM (TAI). Skripsi Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah.
Indikator Kemampuan Berpikir Kritis Matematis
Perkins, C. dan Murphy, E. (2006). Mengidentifikasi dan mengukur keterlibatan individu dalam berpikir kritis dalam diskusi online: studi kasus eksplorasi. Teknologi Pendidikan dan Masyarakat, 9 (1): 298-307.
Pengaruh Metode Improve Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Mahasiswa
Rahmawati, Ika Mahera. (2015). Upaya menumbuhkan berpikir kritis dengan menggunakan model berbasis masalah pada siswa kelas IXG SMP Negeri 3 Banguntapan.
Sembiring, T. (2010). Meningkatkan kemampuan berpikir matematis dan komunikasi siswa SMA melalui pembelajaran analitik sintetik. Skripsi PPS UPI: UPI.
Fitriana, A., Marcitin, R., & Ferdiani, RD (2019). ANALISIS KRITIS MATEMATIKA DALAM PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA. Sains dan Teknologi: Jurnal Penerapan Sains dan Teknologi, 1(3), 92–96. https://doi.org/10.21067/jtst.v1i3.3764
Rainstek: Journal of Applied Science and Technology mengizinkan pembaca untuk membaca, mengunduh, menyalin, berbagi, mencetak, mencari, atau menautkan ke teks lengkap artikelnya, dan pembaca dapat menggunakannya untuk dasar hukum lainnya.
Berpikir Kritis Menurut Ennis
Karya ini dilisensikan di bawah Lisensi Internasional Creative Commons Attribution 4.0. Penulis menyerahkan naskah untuk melakukannya dengan pemahaman bahwa jika diterima untuk diterbitkan, hak cipta artikel akan dialihkan ke Rainstek: Jurnal Sains dan Teknologi Terapan.